BJB Perluas Penyaluran CSR Keluar Jabar dan Banten

Bandung, BL -  PT Bank Jabar Banten Tbk (BJB) berencana memperluas penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) ke luar Jawa Barat dan Banten. BJB sendiri sejak lima tahun terakhir sudah menggelontorkan dana cukup besar sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial pada masyarakat dengan empat fokus CSR yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan dan bencana alam.


Menurut Corporate Secretary bjb Hakim Putratama, ada sejumlah program CSR unggulan bjb yang bisa diterapkan di luar. "Tidak menutup kemungkinan tim akan memperluas program," katanya di acara peresmian Program CSR Jabar di Gedung Sate, Bandung, Rabu (2/3/2016).


Khusus untuk Jabar, lanjut Hakim Putratama, dana tersebut banyak diserap untuk program pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup. Dari mulai pembangunan ruang kelas baru, pendanaan rumah ibadah dan kebutuhan evakuasi bencana alam.

"Ada aksi-aksi yang biasa kita lakukan, misalnya pemberitaan sekolah atapnya rubuh di Selatan, itu sudah pasti kita turun tangan. Termasuk bencana alam," ujarnya.
Khusus bencana alam, pihaknya lebih bersifat menunggu dan menganalisa kebutuhan korban-korban di lokasi bencana. Bjb menurutnya tidak bersifat latah dengan tidak langsung terjun ke lapangan saat bencana terjadi. "Kita ingin bantuan dan dana CSR ini tepat sasaran. Jangan sampai salah sasaran dianggap orang jadi penyelewangan," katanya.


Sejauh ini CSR untuk bencana baru masuk pada daerah-daerah yang dilanda banjir seperti di Kabupaten Bandung. Hakim memastikan pihaknya tidak berharap ada bencana, namun tim selalu mencari informasi apa yang dibutuhkan masyarakat. "Kami tidak sembarangan memberi bantuan," katanya.


Di sektor pendidikan dan lingkungan hidup pihaknya sudah mulai menginisiasi program sekolah hijau. Dimana sampah di sekolah diproses menjadi gas yang digunakan untuk bahan bakar di kantin. Program ini sudah berjalan di 20 sekolah. "10 di Bandung, dan 10 tersebar di sejumlah sekolah di kabupaten/kota," paparnya.


Sementara untuk program CSR lingkungan hidup, meski anggarannya masih kecil, Bjb sudah mulai berkonsentrasi dalam upaya penyelamatan lingkungan. Tak melulu melakukan program penanaman pohon, Bjb juga sudah melakukan penanaman pohong mangrove di pesisir pantai selatan Jabar dan Kepulauan Seribu.
"Di Medan juga kami menggelar CSR untuk pasar, jadi di usahakan seluruh cabang melakukan program yang sama di setiap daerah," katanya.


Khusus 2015, bjb juga sudah membangun 50 ruang kelas baru (RKB) guna mendukung program pengentasan angka putus sekolah di Jabar. Jika dihitung sejak lima tahun lalu, sudah hampir 500 an RKB dibangun oleh aksi CSR korporasi.

Posting Komentar

0 Komentar