Workshop Wartawan Kota Bandung Kembali Digelar

JAKARTADPRD Kota Bandung menggelar workshop wartawan di lingkungan Kota Bandung. Bekerja sama dengan Universitas Respati Indonesia (Urindo) Jakarta, workshop ini diselenggarakan di hotel Mercury Convention Center Ancol Jakarta pada 1-3 Maret 2024.

Mengambil tema "Netralitas Pers Dalam Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024," workshop ini secara resmi dibuka oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan A, T, M.M dan Rektor Urindo, Prof. Dr. Tri Budi W Rahardjo, drg, Ms. serta Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Dr. Erwin Senjaya SE, M.M selaku pemateri di hari pertama kegiatan ini berlangsung.

Kegiatan ini merupakan workshop wartawan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan pada September 2023, dimana pada pelaksanaan di tahun ini diikuti 100 wartawan di lingkungan Kota Bandung, baik dari wartawan media cetak, televisi, radio, dan media online.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan menekankan pentingnya netralitas pers dalam pemilihan kepala daerah.

“ Media diharapkan netral dan tidak memihak. Pers harus mengawal proses demokrasi agar berjalan dengan baik,” sebut Tedy.

Pada kesempatan yang sama, Tedy juga mengajak pers untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di Kota Bandung.

“ Berbagai persoalan yang ada di kota Bandung memerlukan kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak, termasuk wartawan, “ ucap Tedy.

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Edwin Senjaya, menekankan pentingnya netralitas pers dalam meliput Pilkada Kota Bandung. Menurutnya, wartawan harus menyajikan berita secara berimbang tanpa kecondongan pada salah satu pasangan calon.

Lebih lanjut, Edwin menekankan bahwa wartawan juga harus menyampaikan berita berdasarkan data dan narasumber yang memiliki rekam jejak yang baik. Dengan demikian, ia yakin, Pilkada di Kota Bandung dapat berlangsung dengan jujur dan adil.

“ Wartawan harus memverifikasi setiap informasi. Sehingga berita yang disajikan kepada masyarakat berdasarkan fakta dan data yang benar,” ucap Edwin.

Di hari terakhir, Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, H.Achmad Nugraha,SH secara resmi menutup kegiatan workshop ini.***

Posting Komentar

0 Komentar