Pemkot Banjarmasin Tertarik Konsep Smart City Kota Bandung

Bandung, BL  - Pemerintah Kota Bandung menerima kedatangan jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin yang dipimpin oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. Maksud kedatangan rombongan yang berjumlah 15 orang tersebut adalah untuk melakukan studi banding kepada Pemerintah Kota Bandung.


Rombongan diterima langsung oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil di Bandung Command Center (BCC), Kamis (12/05/2016). Para tamu lantas diperkenalkan dengan sistem smart city langsung oleh Walikota Bandung.


Pemerintah Kota Banjarmasin sangat tertarik untuk mempelajari konsep dan sistem smart city yang dibangun oleh Kota Bandung. Ibnu Sina mengaku bahwa dirinya ingin membangun konsep yang sama di kotanya.


"Kami banyak yang menawari teknologi smart city. Tapi kami ingin pelajari dulu sistemnya," ujar Ibnu.


Terkait dengan permintaan tersebut, Ridwan Kamil menyatakan keterbukaannya. "Kami bisa berbagi sistem ini dengan Kota Banjarmasin. Gratis. Atas nama NKRI," ungkap Emil.
Perihal berbagi, Emil mengusung konsep kolaborasi Kota Bandung. Menurutnya, untuk bisa membangun negeri ini semua orang harus bekerja sama.
"Perbanyak kata kolaborasi, kurangi kata kompetisi," tutur Emil.


Selain soal smart city, isu kekumuhan juga menjadi poin diskusi. Kota Samarinda memiliki wilayah kumuh di daerah bantaran sungai, persis seperti yang terjadi di wilayah Babakan Siliwangi. Pembangunan Teras Cikapundung pun menjadi perhatian.


Dalam menghadapi persoalan kekumuhan, Emil menyarankan agar wali kota melakukan komunikasi secara terus menerus kepada masyarakat dengan dibarengi dengan pendekatan solutif agar masyarakat dapat mengerti dan menerima.


Selain Teras Cikapundung, rombongan juga akan meninjau lokasi pedestrian di Jalan Riau yang menurut mereka layak dijadikan percontohan. Emil pun menerangkan konsep pancatrotoar yang digunakan di Kota Bandung, yakni tempat duduk, petunjuk jalan, lampu, tanaman, dan pembatas jalan berupa bola-bola batu yang menjadi ciri khas Kota Bandung.
"Nanti setelah jalan-jalan di Jalan Riau jangan lupa belanja ya, Pak," ujar Emil.


Ke depannya, Emil sapaan akrab Walikota Bandung ini berencana akan mengirim tim juga ke Banjarmasin untuk mempelajari inovasi-inovasi di kota tersebut. Kunjungan diakhiri dengan bertukar cinderamata dan foto bersama.

Posting Komentar

0 Komentar