PKUMI Resmi Buka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru untuk Mendapatkan LoA Bebas TBS LPDP

JAKARTA - Kolaborasi antara Kementerian PPPA, Kementerian Agama RI, Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ), LPDP yang diinisiasi oleh Masjid Istiqlal melalui lembaga Pendidikan Kader Ulama (PKU) merumuskan program Pendidikan Kader Ulama (PKU) dan Pendidikan Kader Ulama Perempuan (PKUP). Dua program tersebut terdiri dari jenjang Magister dan Doktoral Ilmu Tafsir dan Alquran jelas Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.A Direktur Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKU-MI).

"Hingga saat ini kita telah menerima satu angkatan pada program PKU dan PKUP, angkatan pertama sudah memasuki semester 3. Sedangkan untuk Angkatan kedua, sudah dibuka pendaftaran calon mahasiswa baru. Angkatan kedua ini akan memulai perkuliahan februari mendatang" beber Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 17/01/2023.

Saat ini kami sedang berlangsung sosialisasi program beasiswa LPDP-PKUMI. Program ini sepenuhnya dibiayai oleh LPDP. "Sampai hari ini, kami telah melakukan sosialisasi di beberapa Kota Samarinda, Kota Malang, Kota Mataram dan Kota Cirebon. Kota selanjutnya adalah Yogyakarta, Bima dan Makassar. Setiap daerah kami menggandeng Universitas-Universitas dan Pesantren besar" terang Ahmad Thib Raya.

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A profil lulusan PKUMI diharapkan mampu mencetak kader-kader ulama yang menguasai keilmuan Islam klasik dan kontemporer sehingga bisa menjadi rujukan dalam aspek perilaku dan keilmuan keislaman bagi masyarakat baik lokal, nasional maupun internasional.

"Mulai tanggal 15 Januari s.d 07 Februari 2023 kami buka pendaftaran. Pada tanggal 06 s.d 07 Februari 2023 dilakukan seleksi berkas. Tes oleh PKUMI-PTIQ dilakukan pada tanggal 08 s.d 09 Februari 2023. Sedangkan hasil test itu akan diumumkan pada tanggal 11 Februari 2023" jelas Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A

Lanjut Direktur PKUMI, "peserta yang dinyatakan lolos tes PKUMI-PTIQ melalui http://pmbpku.istiqlal.or.id akan mendapatkan LoA yang digunakan mendaftar di LPDP dalam program Pendidikan Kader Ulama (Laki-laki) atau Pendidikan Kader Ulama Perempuan (PKPU) dan akan dibebaskan dari Tes Bakat Skolastik (TBS) oleh LPDP" terangnya.

Proses pendaftaran beasiswa PKU memiliki beberapa tahap yaitu seleksi administrasi, Seleksi Bakat Skolastik (TBS), seleksi substansi dan penetapan penerima beasiswa. "Kami sudah rapat dengan PKUMI dan PTIQ bahwa jika calan pendaftar beasiswa PKU telah mendapat LoA dari PKUMI dan PTIQ tidak perlu lagi mengikuti TBS di LPDP" jelas Gendro Hartono, S.E., M.M Kepala Devisi Pelayanan Basiswa LPDP saat membawa materi dalam kegiatan sosialisasi di Kota Samarinda 09/01/2023.

"Alasan yang mendorong program beasiswa LPDP-PKUMI yang pertama adalah Masjid Istiqlal sebagai symbol Islam Indonesia untuk dunia; kedua, paham keagamaan yang moderat; ketiga, tantangan keulamaan dan keempat, keterbatasan ulama perempuan. PKU Perempuan ini adalah satu-satunya program keulamaan perempuan pertama di dunia" papar Dr. Mulawarman Hannase Manager PKU.

Visi PKUMI menjadi lembaga Pendidikan Ulama bertaraf internasional, melahirkan ulama yang menguasai keilmuan Islam klasik dan kontemporer, berpandangan moderat, berakhlak mulia, dan siap menjadi rujukan ummat Islam lokal, nasional dan internasional.

"PKUMI memiliki 4 program utama yaitu Pendidikan Kader Ulama Laki-Laki terdiri dari Magister dan Doktoral; Pendidikan Kader Ulama Perempuan terdiri dari Magister; Internship (magang di MUI, PBNU, dan PP Muhammadiyah); dan Short Course di Amerika dan Timur Tengah" jelas Manager PKUP Rosita Tandos.      

Posting Komentar

0 Komentar