10 RW Terbaik Kota Bandung Hadirkan Inovasi Pajak

BANDUNG - Sebanyak 10 RW Terbaik di Kota Bandung bersaing menghadirkan inovasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui Lomba RW Berkreasi (Bersama tingkatkan kesadaran warga dan pentingnya PBB dengan inovasi).

Lomba RW Berkreasi telah memasuki tahap 2 seleksi. Sebanyak 10 RW mempresentasikan programnya di hadapan para juri di Hotel Grand Preanger Bandung, 13-14 September 2022. 

Proses penjurian ini dibuka langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Ia mengatakan, Pemkot Bandung terus mengajak warga berpartisipasi dalam membangun kota. Salah satunya melalui, inovasi pembayaran PBB 

"Lewat lomba ini supaya partisipasi warga dalam membayar PBB lewat QRIS bisa berjalan baik. Intinya bagaimana masyarakat diikutsertakan dalam program-program pemerintah," kata Yana, Selasa 13 September 2022.

Yana mengungkapkan, dengan pandemi Covid-19 yang semakin terkendali, Pemkot Bandung terus berupaya memulihkan ekonomi. Salah satunya melalui pembayaran pajak.

"Mudah-mudahan dengan proses vaksin yang sudah baik ini, pandemi semakin terkendali sehingga kita bisa melakukan aktivitas mendekati normal. Kita bisa melakukan proses pemulihan ekonomi salah satunya lewat pembayaran pajak. Bagaimanapun pajak ikut membiayai pembangunan kota," ujarnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah melakukan banyak inovasi untuk mempermudah pelayanan publik kepada masyarakat.

"Pandemi mengajarkan kita untuk melahirkan berbagai aplikasi. Salah satunya pembayaran PBB melalui QRIS," kata dia.

Ia berharap, partisipasi masyarakat terus terjalin dalam upaya membangun Kota Bandung.

"Kami terus mendorong partisipasi warga, Pemkot tidak bisa membangun kotanya sendiri. Berkreasi dan berinovasi membangun kota Bandung," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain menjelaskan, Lomba RW Berkreasi merupakan jawaban atas aspirasi dari akar rumput yang mengharapkan adanya aktivitas sekaligus apresiasi terhadap RT RW dalam pelayanan PBB.

"RW Berkreasi memberikan ruang berinovasi dalam mensosialisasikan program pemerintah sehingga tidak menempatkan warga sebagai objek pelayanan," ujarnya.

Ia mengatakan, terdapat 108 RW perwakilan dari seluruh kelurahan di Kota Bandung yang mendaftar dalam lomba RW Berkreasi. Lomba ini terdiri dari dua cabang.

Pertama, kategori dukungan warga, yang telah selesai dengan pemenang adalah RW 12 kelurahan Babakan kecamatan Babakan Ciparay. Kedua, Kategori RW inovatif.

Berikut ini 10 finalis RW terbaik:
1. RW 12 Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay
2. RW 3 Kelurahan Karasak Kecamatan Astanaanyar 
3. RW 1 Kelurahan Babakan Penghulu Kecamatan Cinambo
4. RW 2 Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong
5. RW 1 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo
6. RW 2 Kelurahan Gempol Sari Kecamatan Bandung Kulon
7. RW 3 Kelurahan Pakemitan Kecamatan Cinambo
8. RW 16 Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati
9. RW 6 Kelurahan Ancol Kecamatan Andir
10. RW 2 Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong

Rencananya, penyerahan hadiah diberikan pada hari peringatan Hari Jadi Kota Bandung, 25 September 2022 mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar