Hari Sepeda Sedunia: Roda Dispora Gowes Bersama

BANDUNG - Memeriahkan Hari Sepeda Sedunia, sekitar 50 anggota komunitas sepeda Roda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung menggelar gowes bersama, Jumat, 3 Juni 2022. Rutenya yaitu Jalan Taman Sari menuju Kiara Artha Park.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan bersepeda itu menyenangkan dan bermanfaat.

"Mengajak masyarakat untuk bersepeda supaya kita sehat. Karena bersepeda itu membuat kita sehat, bergembira serta meningkatkan imun. Jadi banyak kegiatan yang bermanfaat bagi tubuh juga lingkungan," tutur Koordinator Komunitas Roda Dispora, Ida Siswati.

Uniknya, kegiatan kali ini para anggota mengenakan pakaian komunitas dari tahun-ke tahun. 

"Ada yang menggunakan seragam tahun ke satu hingga seragam terbaru kami. Padahal biasanya di kegiatan Jumat bersepeda kami mengenakan seragam bersepeda yang sama. Tapi khusus hari ini berwarna-warni," ujar Ida.

Selain kegiatan spesial hari ini, Roda Dispora juga memiliki beragam kegiatan lain di hari Jumat. Seperti Jumat berbagi, Jumat pungut sampah, dan tentu saja Jumat bersepeda. 

Gedung Dispora di Jalan Taman sari menjadi basecamp komunitas ini ketika hendak melakukan kegiatan. Jalur dengan tingkat kesulitan rendah dipilih komunitas ini, agar ramah bagi seluruh anggota bersepeda setiap Jumat, pukul 07.30 – 09.30 WIB. 

Komunitas Roda Dispora ini berdiri pada 23 Oktober 2010. Mayoritas anggota adalah pria dan wanita dengan rentang usia 30 hingga 90 tahun. Walaupun sebenarnya sangat terbuka bagi seluruh kalangan dengan latar belakang dan usia yang beragam.

Ida berharap dengan adanya momentum Hari Sepeda Sedunia, masyarakat sadar bahwa bersepeda itu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh dan lingkungan. 

"Tubuh akan lebih bugar dan polusi juga akan mulai memudar. Jika kesadaran itu sudah tumbuh, masyarakat akan mulai menggowes untuk dirinya dan lingkungannya," katanya. 

Posting Komentar

0 Komentar