Bukti Komitmen, Bank Bjb Dukung UMKM Ciayumajakuning

BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) terus mendukung dan menjadi sahabat pelaku UMKM serta produk lokal unggulan di Indonesia.

Komitmen bank dengan kode saham BJBR ini terlihat saat mendukung kegiatan Sarasehan dan Gelar Produk Unggulan UMKM Se-Wilayah Ciayumajakuning (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan) dengan tema "Membangun Ekonomi 
Kreatif dengan Spirit Pariwisata", pada Minggu 6 Februari 2022.

Acara dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai keynote speaker. Dalam pemaparannya menyampaikan, para pelaku ekonomi kreatif dapat membangun usaha dengan mengeksplorasi potensi wisata, dan mendorong peran serta masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif, juga memberi ruang kepada para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya di area wisata.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka komitmen bersama untuk Mendukung Pengembangan UMKM dan Pariwisata di Kabupaten Majalengka. Acara dihadiri Pemimpin Cabang bank bjb Majalengka Yatni Rohayati, Direktur Utama BIJB Kertajati Muhammad Singgih, Kepala Kantor Perwakilan BI Cirebon Hestu Wibowo, Ketua DPP APINDO Jawa Barat Ning Wahyu Astutik, Anggota Komisi XI DPR RI Jefry Romdon, Ketua APINDO DPC Majalengka Dinar Tisnawati dan para pelaku usaha se-Ciayumajakuning.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara bank bjb Kantor Cabang Majalengka, Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, Bank Indonesia Cirebon dan APINDO Kabupaten Majalengka.


Pada kesempatan ini bank bjb menyampaikan dukungan kepada pelaku usaha ekraf yang juga sebagai pelaku UMKM dalam menggunakan layanan transaksi digital menggunakan DIGI by bank bjb serta QRIS, akses permodalan, dan layanan Program PESAT melalui aplikasi DiSentra.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan selain memberikan pinjaman modal kepada pelaku UMKM, bank bjb juga memiliki Program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu) yang merupakan program pemberdayakan UMKM. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas usaha bagi pelaku usaha sehingga diharapkan UMKM semakin maju dan berkembang.

Selain itu, bank bjb juga mendukung pemerintah pusat dengan menjadi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) terutama kepada klaster berbasis komoditi unggulan.

Menurutnya, pelaku UMKM bisa dengan sangat mudah mengajukan pinjaman dan mengirimkan berkas syarat melalui aplikasi bjbLAKU.

"Bank bjb merupakan sahabat UMKM karena memiliki banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha mulai dari pembiayaan atau kredit, peningkatan kapasitas, perluasan pasar, dan lainnya. bank bjb senantiasa mendukung langkah UMKM sebagai penggerak roda perekonomian dengan mempermudah akses keuangan dan fasilitas perbankan bagi para pelaku usaha," kata Widi. *

Posting Komentar

0 Komentar