Ziarah ke Makam Bupati Bandung, Oded Belajar dari Para Leluhur

BANDUNG, - Menjelang Hari Jadi ke-211 Kota Bandung (HJKB), Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berziarah ke makam para Bupati Bandung terdahulu, Kamis 23 September 2021.

Turut hadir pula Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, Para Pimpinan Forkopimda, serta Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

Pada Pukul 08.00 pagi, Oded beserta rombongan peziarah bergerak dari Pendopo menuju makam Raden Adipati Aria (R.A.A.) Wiranatakusumah II atau yang lebih dikenal sebagai Dalem Kaum.

Makam Wiranatakusumah II berada di Jalan Dalem Kaum. Di sana juga terdapat Makam Nyi Rd. Kendran, Bupati Bandung XV, Rd. Tumenggung Male Wiranatakusumah, dan Penghulu Kabupaten Bandung Rd. Moch Soleh.

Sesampainya di sana, para rombongan tabur bunga dan diakhiri dengan membaca doa yang dipimpin oleh Oded.

"Dalam ajaran agama kita, selain kita dzikrul maut juga mari kita mendoakan mereka," tuturnya.

Selanjutnya lokasi ke dua tak jauh dari sana, para rombongan kembali berjalan kaki menuju Makam Rd. Tumenggung Wiranatakusumah III (1829-1846) atau yang berjuluk Dalem Karang Anyar yang berlokasi di Jalan Karang Anyar.

Di sana juga terdapat makam Pahlawan Nasional, Raden Dewi Sartika.

Di sela-sela kegiatan, Oded mengingatkan bahwa sejatinya manusia akan kembali ke tanah. Maka itu melalui ziarah kubur, harus menjadi pengingat agar terus berlomba-lomba mencari kebaikan selama sisa hidup di dunia.

"Karena prinsipnya ziarah kubur itu bukan semata-mata pengingat kematian, tapi mengingatkan kita untuk terus memperbanyak amal," imbuhnya.

Oded pun berharap, sebagai generasi penerus harus memiliki jiwa semangat yang sama dengan para terdahulu demi membangun Bandung yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis. 

"Mudah-mudahan kita sebagai generasi penerus, generasi yang siap melanjutkan pembangunan Kota Bandung bisa mengambil pelajaran dari mereka-mereka yang sudah mendahului kita," tuturnya.

Usai ziarah, Oded dan Yana memberikan bantuan berupa sembako, vitamin, dan uang tunai kepada para penjaga dan pengurus Makam Dalam Kaum dan Makam Karang Anyar.

Posting Komentar

0 Komentar