Sarana Penyediaan Rumah Subsidi, Pemprov Jabar Luncurkan Bataru


Bandung, BeritaLugas -
Sarana penyediaan rumah subsidi bagi para penyelenggara pendidikan di Jabar. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) meluncurkan program Bakti Padamu Guru (Bataru).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, Bataru merupakan hadiah untuk para guru dan tenaga kependidikan yang hari ini (25 November 2020) memperingati Hari Guru Nasional.

"Bataru ini tidak hanya untuk guru, tapi juga bagi semua yang berjasa di lingkungan pendidikan, seperti tata usaha hingga penjaga sekolah," tutur Gubernur, saat memperingati Hari Guru Nasional 2020 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di SMK Cakra Buana, Jalan Raya Depok Sawangan No. 91, Kota Depok, Rabu (25/11/2020). 

Gubernur menjelaskan, total akan ada 20.000 rumah subsidi bagi guru dan tenaga kependidikan yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Tipe rumah disesuaikan dengan biaya sebesar Rp150 juta per unit. "Syaratnya, penghasilan mereka di bawah Rp8 juta dan belum memiliki rumah. Cicilannya sekitar Rp900 ribu per bulan," jelasnya.

Gubernur berharap, program Bataru mampu meningkatkan kesejahteraan guru. Sebab, kesejahteraan tidak selalu berbicara tentang kenaikan pendapat, tetapi juga tentang pemenuhan fasilitas. "Bagi para guru dan tenaga kependidikan yang masih ngontrak, ini merupakan kabar baik. Anda semua akan difasilitasi. Dalam waktu dekat, sudah memiliki rumah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar sekaligus Pejabat Sementara (Pjs.) Wali Kota Depok, Dedi Supandi menjelaskan, beberapa daerah yang nantinya akan dibangun rumah, yakni Kota Depok, Kota Banjar, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Sukabumi. 

Ia menegaskan, bukan hanya guru dan tenaga kependidikan di ranah provinsi yang berhak mendapatkan subsidi rumah tersebut, melainkan semua guru dan tenaga kependidikan yang ada di Jabar. "Bukan hanya untuk guru dan tenaga kependidikan SMA, SMK, dan SLB, mereka yang di SD dan SMP pun diperbolehkan," tegasnya. 

Rencananya, peletakan batu pertama akan berlangsung pada Desember 2020.

Berikut sebaran lokasi "Rumah Bakti untuk Guru"  di Jawa Barat:

Kota/Kabupaten

Kota Banjar

Kota Depok

Kabupaten Bogor

Kabupaten Bekasi

Kabupaten Sukabumi

Kabupaten Cianjur

Kabupaten Karawang

Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Purwakarta

Kabupaten Subang

Kabupaten Bandung

Kabupaten Garut

Kabupaten Indramayu

Kabupaten Ciamis

Kabupaten Kuningan

Kabupaten Cirebon

Kabupaten Pangandaran 

 

Posting Komentar

0 Komentar