Kamis, 12 Maret 2020

Maret 12, 2020

Bandung, Beritalugas Ada satu syarat yang harus dipenuhi jika ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Yakni, keinginan yang kuat atau jika mengambil istilah yang digunakan oleh doktor lulusan Queen's University Belfast, Rully Raslina Novianti, "Harus niat pake banget". 

"Enggak cukup niat aja, harus niat pake banget! Enggak boleh males cari informasi. Mau bagaimanapun, kalau berusaha tanpa upaya yang sungguh-sungguh, semuanya akan useless," tutur Rully, dalam Seminar Nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Islam Nusantara (Uninus) di Aula Kampus Uninus, Jln. Soekarno-Hatta No. 530, Kota Bandung, Kamis (12/3/2020). 

Bertajuk "Get Your Dream to Study Abroad", Kasi Pelayanan dan Promosi UPTD Tikomdik Dinas Pendidikan Jawa Barat itu membagikan pengalamannya saat belajar di Britania Raya. 
Rully mengatakan, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri sangat terbuka. Terlebih, informasi bisa diakses lebih mudah dengan memanfaatkan internet dan media daring. Selain itu, informasi dari institusi pendidikan pun bisa ditambahkan sebagai referensi. "Kesempatan itu bertebaran dengan program yang beragam pula. Tinggal upaya optimal untuk mencarinya," ungkapnya.
Ia menjelaskan, ada banyak manfaat yang didapatkan ketika seseorang melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Mulai dari sekolah gratis melalui program beasiswa, juga bisa melakukan riset atau penelitian yang lebih mendalam, unik, dan spesifik. Kemudian, tingginya peluang publikasi karya tingkat internasional hingga mendapatkan sistem dan kualitas pendidikan yang lebih baik. 
Meski demikian, peraih doktor di bidang pendidikan ini menilai, beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga tak kalah bagus dan mampu bersaing dengan beberapa perguruan tinggi di dunia. Hanya saja, ada beberapa hal yang tak bisa didapatkan."Seperti, punya pengalaman baru, bisa mengenal budaya negara lain serta mampu mengubah pandangan kita terhadap dunia," jelasnya. 
Rully pun memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan peserta seminar jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, khususnya melalui program beasiswa. Selain mengantongi informasi sebanyak-banyaknya tentang program studi dan perguruan tinggi yang akan dipilih, pemahaman mengenai persyaratan pun harus diperhatikan. Salah satunya, memiliki sertifikat TOEFL and IELTS (bagi yang akan melanjutkan pendidikan di Eropa atau Amerika). 
Ia menegaskan, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa itu sangat terbuka bagi siapa saja. "Siapa pun bisa mencoba. Latar belakang apa pun pasti bisa asalkan memenuhi kriteria," tutupnya.

0 komentar: