Situ di SMAN 1 Cianjur, Tunjang Pembelajaran Sekaligus Tempat Refreshing Siswa


Bandung, Beritalugas - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cianjur mungkin menjadi satu-satunya sekolah di Jawa Barat (Jabar) yang memiliki situ di area sekolah. Beberapa saung yang dibangun di tepian situ, dimanfaatkan siswa untuk melakukan berbagai kegiatan. 

Kepala SMAN 1 Cianjur, Haruman Taufik menjelaskan, saung/gazebo yang didirikan ini bisa dimanfaatkan oleh guru untuk belajar di luar kelas atau untuk belajar kelompok siswa karena telah dilengkapi akses Wifi. Bahkan, saung yang dinamai "Saung Juara" oleh Bunda Literasi Jabar, Atalia Praratya Kamil itu pun bisa dimanfaatkan untuk sekadar menghilangkan penat karena suasananya yang nyaman dan sejuk. "Biar lebih fresh, kita juga sediakan perahu agar lebih terhibur dan gratis tentunya," ungkap Haruman saat diwawancarai, Kamis (13/2/2020).
Situ tersebut, lanjut Haruman, juga bisa digunakan sebagai venue olahraga, khususnya untuk olahraga kano perorangan. Selain itu, area di pinggir situ bisa dijadikan jogging track bagi para siswa yang ingin berolahraga. "Situ ini pun dimanfaatkan untuk wirausaha perikanan," sambungnya.
Menurut Haruman, selain untuk menunjang pembelajaran di sekolah, dibangunnya fasilitas tersebut juga merupakan amanah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang menjadikan SMAN 1 Cianjur sebagai salah satu cagar budaya. "Ini tidak akan diubah menjadi modern. Ada amanah dari Pemkab Cianjur untuk dipertahankan," tegasnya.
Sebelum dibangun situ, menurutnya, tanah di area sekolah merupakan tanah tak berfungsi. "Sehingga, kita sengaja buat situ untuk melakukan berbagai kegiatan," terangnya.
Salah seorang siswa, Mega Regina Putri mengaku, fasilitas ini membuat dirinya lebih nyaman belajar di sekolah. "Mega seneng kalau udah belajar di luar kelas. Seger dan ga bikin boring," ungkap siswa kelas XII IPA 7 tersebut.*

Posting Komentar

0 Komentar