Pergelaran Pernikahan, Inovasi Ujian Sekolah di SMAN 3 Cimahi

Bandung, Beritalugas Kebijakan Ujian Sekolah (AS) yang baru membahas baik oleh satuan pendidikan. Selain dihargai 100% diberikan oleh sekolah, bentuk soal AS yang beragam pun memacu sekolah untuk berinovasi. Salah satunya, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Cimahi.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 43 Tahun 2019, soal US terdiri dari berbagai bentuk. Yaitu portofolio siswa, penugasan, tes tulis, dan / atau kegiatan. Khusus untuk portofolio, penugasan dapat dilakukan dengan kolaborasi antarmata pelajaran.
Berangkat dari sana, Kepala SMAN 3 Cimahi, Doddy Sularto menginisiasi tugas portofolio dengan formula yang tak biasa. Yakni, membuat pergelaran pernikahan yang dikemas dalam model pembelajaran berbasis pembelajaran . "Melalui pergelaran tersebut, akan ada mata pelajaran yang berkolaborasi," tuturnya, Senin (3/2/2020).
Itu pun menjelaskan. Pada mata pelajaran (mapel), agama, dapat dilakukan melalui prosesi akad dan pembacaan doa-doa. Lalu, pakaian yang digunakan pengantin masuk di mapel pendidikan kewirausahaan.
Kemudian, mengisi acara seperti upacara adat dan tari menjadi apsek Rated mapel kesenian. Sementara untuk upacara master (MC) atau pembawa acara yang disampaikan melalui tiga bahasa peta, bahasa Indonesia, Inggris, dan Sunda.
"Sementara mapel sosiologi bisa mengkaji fenomenanya dan mapel sejarah dari segi tradisi," terangnya.
Karena sifatnya kolaboratif, Doddy sambung, pose Nilai setiap siswa akan diberikan nilai yang sama di seluruh mapel sesuai nilai kelompoknya. "Rencananya, kebijakan tersebut akan diterapkan pada tahun ajaran baru karena harus disusun rencana pelaksana pembelajaran (RPP) terlebih dahulu," pungkasnya. *

Posting Komentar

0 Komentar