Gandeng Disdik Jabar, Polda Sosialisasikan Antisipasi Radikalisme dan Terorisme untuk Pelajar

Bandung, Beritalugas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menggelar sosialisasi Pembinaan dan Penyuluhan Antisipasi Radikalisme dan Terorisme pada kampanye pelajar di Jabar. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar dan Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi, sosialisasi yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Cimahi, Jln. Kihapit Barat No. 39, Kota Bandung, Selasa (25/2/2020).
 
Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Jabar, Kombes Pol. Yudhi Faizal Hambali mengatakan, kegiatan tersebut mencegah peserta didik agar tidak terpapar paham radikalisme dan terorisme. Terlebih di era digital ini, paham-paham ini bergerak dengan memanfaatkan media sosial. "Harus lebih berhati-hati menggunakan media sosial. Manfaatkan media sosial dengan sebaik-disponsori dan untuk tujuan positif," imbaunya.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh peserta agar menghindari paham-paham tersebut. Antara lain, dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan, memilih pertemanan, menghindari orang yang tidak mengerti latar belakangnya, saling mengingatkan satu sama lain selain dengan rasa bertanggung jawab serta memanfaatkan waktu yang diminta.
"Manfaatkan waktu untuk menghasilkan agar generasi muda yang berkualitas," katanya.
 
Kepala MAN 1 Kota Cimahi, Awaludin Hamzah mendukung penuh kegiatan tersebut. Selain bermanfaat, sosialisasi ini diharapkan dapat meminimalisasi paparan radikalisme dan terorisme di kalangan remaja.

"Kami sangat mendukung. Semoga, anak-anak bisa membantah dan memahami pesan serta isi yang disampaikan pemateri. Yang paling penting, peserta didik bisa diundang, bahkan jadi pelopor yang membahas radikalisme dan terorisme," paparnya.
Salah seorang peserta, Fala Sultan Zacky mengaku, sosialisasi ini penting bagi para pelajar. Menurutnya, semua siswa memiliki pemahaman yang sama. "Ini bagus untuk meluruskan pemahaman-pemahaman yang kita mengerti," ungkap siswa SMAN 1 Cimahi itu.
Sosialisasi yang dihadiri 100 siswa dari berbagai sekolah SMA / SMK / MAN di Kota Cimahi ini juga menghadirkan beberapa narasumber. Yakni, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi, Munawir Sulaeman, dan salah seorang pengawas di Kantor Cabang Kantor Wilayah VI yang juga Tim Pengembangan Program Pencegahan Radikalisme Disdik Jabar, Agus Hamdan Satiagraha. *

Posting Komentar

0 Komentar