Kadisdik Jabar : Guru Harus Memanfaatkan Waktu Mengajar di Kelas


Bandung, BeritaLugas - Kadisdik Jabar, Dewi Sartika menyatakan, tidak ada waktu yang paling dihitung selain memanfaatkan waktu sebaik-diminta di kelas.
"Yang paling penting, guru harus benar-benar memanfaatkan waktu mengajar di kelas. Selain itu, sekolah juga bisa menjadwalkan pelajaran-pelajaran bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran," ucap Dewi Sartika saat meresmikan gedung baru SMKN 1 Soreang di Jln. Bhayangkara No. 1, Kabupaten Bandung, Kamis (30/1/2020).
Pembelajaran yang dilakukan oleh kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Guru harus dapat mencoba langkah-langkah pembelajaran, melaksanakan dan belajar pembelajaran serta melakukan refleksi dengan mendiskusikan kembali pokok-pokok materi pengajaran.
Selain itu, lanjut Kadisdik, sekolah juga harus terjun langsung ke kelas untuk membahas kegiatan belajar mengajar. Minimal, setiap dua hari sekali. "Cari tahu cara guru mengajar, apakah siswa bisa menerima materinya atau enggak . Kita enggak mau jam pelajaran itu biasa saja dan jangan sampai siswa beranggapan, 'Ah, biasa lah Bu Guru eta mah kitu '," sambungnya.
Diperlukan, tambahnya, guru harus betul-betul menjadi inspirasi bagi siswa. Itu yang dinamakan "merdeka belajar". Selain itu, guru harus bisa menyelaraskan masalah sosial dalam pembelajaran guna meningkatkan daya pikir siswa. "Jadi, jika mereka mendapatkan masalah, mereka akan memiliki alternatif untuk mengatasinya. Mereka tidak akan punya itu kalau enggak dibekali oleh kita (guru)," imbuhnya.
Kepala SMKN 1 Soreang, Tatang yang diundang, akan langsung membuka yang aman yang disampaikan Kadisdik. "Saya akan segera menyelesaikannya di kelas," tegasnya. (red)

Posting Komentar

0 Komentar