Yana: Pengusaha Hotel Harus Sukseskan Kang Pisman dan Drumpori

Bandung, Berita Lugas - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengajak para pengusaha hotel untuk menyukseskan program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam bidang kebersihan. Ia berharap khususnya masalah persampahan mampu selesai di sumbernya.

"Semua bisa selesai permasalahan ini di sumbernya. Mampu memilah dan memilih sampah," katanya pada acara Halalbihalal Idulfitri 1440 H di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung (Disbudpar), di Hotel Savoy Homann, Rabu (26/6/2019).

Yana mengatakan, setiap hotel harus mampu memilah sampah. Hal itu bisa menghemat biaya operasional pengangkatan.

Yana mengungkapkan, jumlah sampah Kota Bandung 1.500 ton setiap harinya. Jumlah itu akan berkurang jika masyarakat mampu memilih sampah dari sumbernya.

"Pilah sampah itu mudah, mana yang organik mana yang anorganik. Mana yang bisa didaur ulang, mana yang harus di buang," kata Yana.

Menurutnya, sampah organik yang sering berada di rumah masing-masing bisa menghasilkan nilai ekonomi, seperti menjadi pakan hewan.

"Dikelola dengan baik, pilah dengan benar, nantinya kan jadi nilai ekonomi," kata Yana.

Selain persampahan, Yana pun mengajak pengusaha hotel maupun masyarakat untuk memanfaatkan air hujan dengan metode drum pori.. Metode tersebut berfungsi untuk mengantisipasi banjir saat ada luapan.

Menurutnya, dengan metode drum pori setiap rumah atau bangunan, maka akan dimanfaatkan dengan baik. Dengan siraman di dalam tanah yang diberi lubang di atas dan sisi sampingnya..

"Caranya drum dimasukan ke dalam tanah dan pinggirnya diberikan batu koral. Sementara atasnya ditutup dan diberi lubang untuk menyerap air. Sehingga air hujan lebih banyak diserap kedalam tanah," kata Yana.

Dengan metode tersebut, genangan air yang ada di atas akan masuk ke dalam drum yang akan mengalir ke tanah. Tak hanya diserap saja, air bahkan air bisa dipanen saat musim kemarau. Red

Posting Komentar

0 Komentar