Kota Peduli HAM, Kota Bandung Raih Penghargaan


SOLO, - Pemerintah Kota (pemkot) Bandung menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, sebagai kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2016.

Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial dari  Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, pada acara peringatan Hari HAM se-dunia tahun 2017 di Hotel The Sunan, Solo, Minggu (10/12).

Seusai menerima penghargaan, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, dirinya sangat bersyukur karena Kota Bandung kembali mendapat Penghargaan dari Pusat karena prestasinya.

"Alhamdulilah saya sangat bersyukur dan sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Bandung karena kembali Mendapatkan Penghargaan," tuturnya.

Ia juga mengatakan dengan penghargaan ini harapannya bisa memotivasi lagi kinerja Pemerintah Kota Bandung terutama dalam hal HAM.

"Dengan nilai 86,86 yang kita peroleh dari Kemenkumham harapannya bisa memotivasi dan terus menjaga prestasi Pemerintah Kota Bandung terutama dalam Bidang Hukum dan HAM ," jelas Oded.

Mang Oded sapaan akrab Wakil Wali Kota Bandung menambahkan bahwa penghargaan tersebut merupakan hadiah dari Pemerintah Kota Bandung bagi masyarakatnya sebagai bukti peningkatan kinerja Pemerintah pada segala Bidang di Kota Bandung.

"Penghargaan ini saya hadiahkan buat masyarakat Kota Bandung sebagai bukti bahwa Pemerintah Kota Bandung akan selalu meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat terutama pada sektor Hukum dan HAM," pungkasnya.

Pada Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia yang  mengangkat tema "Kerja Bersama, Peduli Hak Asasi Manusia Untuk Indonesia Maju Sejahtera" ini Hadir pula Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dalam sambutannya yang singkat Presiden Jokowi mengatakan  pemerintah berkomitmen mendorong peningkatan soal HAM hingga ke daerah dan hal itu terlaksana melalui Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) memasuki generasi ke-4.

"Tahun 2017, aksi HAM di daerah hingga saat ini mencapai 52,26 persen, dan diharapkan di akhir tahun ini pemerintah daerah dapat mempercepat pelaksanaan aksi HAM daerah hingga mencapai 100 persen," ujar Jokowi.

Selain Kota Bandung Penghargaan serupa diterima oleh 232 daerah dari provinsi, kota, dan kabupaten yang masuk kategori peduli HAM, dan 84 kategori cukup peduli HAM.

Posting Komentar

0 Komentar