Tausiah bersama Ridwan Kamil dan Atalia Praratya

Bandung,- Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil dan istrinya Ny. Atalia Praratya menyampaikan tausiah dalam Acara Jalan Cinta Ramadhan  "Parade Tausiah dan Islamic Expo 2"  di Masjid Agung Trans Studio Bandung, Kawasan Trans Studio Bandung, Jalan Gatot Subroto, Minggu (19/07/2016).

Dalam tausiahnya, Emil mengingatkan masyarakat agar mengisi Bulan Suci Ramadhan dengan berbagai jenis kegiatan positif.

" Insyaallah dengan kegiatan positif, ibadah puasa kita akan diterima oleh Allah  SWT dan mendapatkan pahala yang berlimpah," ujarnya.

Emil menambahkan, Membaca Al-Qur`an atau mengaji sejak dulu telah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Namun seiring berkembangnya zaman kegiatan mengaji sudah mulai ditinggalkan. Masjid-Masjid tampak terlihat kosong, tak ada lagi aktifitas pengajian. Umat kebanyakan  lebih asyik di depan televisi daripada mengaji.

" Dengan perkembangan zaman, sampai saat ini Pemkot Bandung andung melakukan kegiatan religi yaitu Magrib Mengaji.  Tujuannya tidak salah lagi untuk Menghidupkan kembali tradisi membaca / mendaras Al Qur`an setiap selesai shalat Maghrib di seluruh pelosok dan masjid yang ada di Kita Bandung, sehingga dengan begitu diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan waktu antara Maghrib dan Isya dengan efektif untuk beribadah kepada Allah dan memperdalam wawasan keagamaannya dan tidak menghabiskan waktunya untuk  hal-hal yang kurang bermanfaat," jelas Ridwan.

Selain Magrib Mengaji, Emil mengimbau kepada warga muslim Kota Bandung yang mampu agar menunaikan kewajiban membayar zakat.

" Kalo urusan zakat sudah ada sejak lama. Ini solusi modern untuk menuntaskan kemiskinan. Hanya cara-caranya kurang kreatif. Sehingga hari ini meluncurkan Ayo Bayar Zakat dan aplikasinya," kata Emil.

 Aplikasi 'Ayo Bayar Zakat' ini dibuat untuk memudahkan masyarakat menghitung zakat yang seharusnya dikeluarkan oleh mereka. Selain itu dalam aplikasi ini juga dilengkapi laporan distribusi zakat hingga ambulans gratis.

"Jadi ibu dan bapak, tinggal didownload aplikasinya, nanti ada kalkulator zakatnya. Itulah cara-cara kreatif yang dilakukan di Kota Bandung. Setiap individu harus meyakini bahwa tangan di atas lebih mulia daripada tangan di bawah," tukas Emil.

Sedangkan istri Wali Kota Bandung Ny. Atalia Praratya  mejelaskan, dengan program Pemkot Bandung yang sudah bejalan, seperti Magrib Mengaji, kita sebagai orang tua tinggal menerapkan kepada anak, sebab pendiddikan di sekolah tidak seluruhnya memberikan pengatahuan akhlak dan tadarus Al quran,

" Mari kita didik anak-anak sejak dini dengan memberikan penegathuan Al Quran dengan cara melakukan kegiatan Magrib Mengaji, kegiatan ini banyak sekali manfaatnya selain pengetahuan ahlak, tadarus serta pengetahuan Al quran diberikan di program ini," jelas Atalia.

Selain itu, Altalia menambahkan, ada beberapa tahapan untuk melengkapi sebuah keluarga menjadi baik dan sempurna, diantaranya sehat, rajin olahraga dan makan makanan yang bergizi. Lalu mempunyai otak yang cerdas dan yang terakhir mempunyai Ahlak yang baik serta rajin beribadah,

" Insyaallah dengan ketiga elemen tersebut sebuah keluarga akan harmonis dan sempurna apabbila kita melakukannnya dengan ikhlas," pungkasnya.  

Posting Komentar

0 Komentar