Rekayasa Jalan di Bandung untuk Atasi Kemacetan

Bandung, - Atasi kemacetan di kota Bandung yang semakin tidak terkendali, Dishub akan melakukan rekayasa jalan di beberapa ruas yakni rekayasa jalan di Seputar Monpera dan Jalan Panatayuda dalam kurun waktu yang bersamaan. Rekayasa jalur ini akan berlaku untuk hari Senin-Sabtu, sedangkan hari Minggu berlaku sistem lalu lintas yang lama.

Perubahan jalur ini disebabkan oleh terjadinya penumpukan volume kendaraan di persimpangan Jalan Surapati menuju Jalan Sentot Alibasyah, yakni pertemuan antara jalan dari arah Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monpera), Jalan Surapati dan Jalan Layang Pasopati, serta Jalan Sentot.

Perubahan pertama terdapat di pertemuan Jalan Surapati dan Jalan Panatayuda. Semula, kendaraan yang datang dari arah Jalan Layang Pasopati bisa langsung berbelok ke Jalan Panatayuda di sebelah kiri. Kini, Polrestabes dan Dishub akan memperpanjang median jalan sehingga kendaraan dari Jalan Layang Pasopati tidak bisa lagi berbelok ke Jalan Panatayuda. Untuk menuju ke sana, pengendara harus berputar ke Jalan Japati atau Jalan Sentot Alibasyah.

Perubahan kedua ada di Jalan Japati. Semula, jalan tersebut hanya dapat dilewati dari arah dan menuju Monpera. Kini, pengendara dari arah Surapati bisa berbelok ke jalan tersebut untuk menuju Jalan Panatayuda dan Jalan Singaperbangsa. Sementara itu, jalur kanannya ditutup dari mulai gerbang masuk PT. Telkom sehingga tidak bisa dilalui untuk menuju Jalan Surapati. Pengendara yang berasal dari Jalan Japati dapat memutar ke Jalan Merak untuk dapat menuju ke Jalan Surapati.

Perubahan ini akan diujicobakan selama dua minggu. Pada tanggal 29 Juni akan diputuskan apakah perubahan jalur ini akan tetap diterapkan atau kembali ke jalur yang lama.

Posting Komentar

0 Komentar