Dishub Kota Bandung akan Lakukan Rekayasa Jalan di Beberapa Ruas

Bandung, - Jalur persimpangan di sekitar Lapangan Supratman kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas. Pasalnya, kendaraan yang melaju dari arah menuju dan dari arah Lapangan Supratman seringkali bentrok sehingga rawan macet dan kecelakaan. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan Kota Bandung melalui Bidang Lalu Lintas dan Parkir melakukan manajemen rekayasa lalu lintas di daerah tersebut.

"Ini akan dilakukan uji coba selama dua minggu, dari tanggal 14 sampai 28 Juni, kemudian akan dievaluasi tanggal 29 Juni," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Didi Ruswandi pada kegiatan Bandung Menjawab di Media Lounge, Kamis (09/06/2016).

Sementara itu menurut Kepala Bidang Lalu Lintas dan Parkir Agung Purnomo, perubahan akan diterapkan pada sirkulasi jalan keluar dari Ciujung maupun dari arah keluar taman, serta arah dari Jalan Supratman menuju ke taman Supratman.

Dishub akan melakukan penataan median jalan di Jalan Supratman sehingga pengendara dari arah Gedung Sate yang akan berbelok ke Ciujung (Belokan SDN Ciujung) kini tidak bisa langsung, melainkan harus memutar melalui Jalan Anggrek dan berbelok di Jalan Jamuju menuju Lapangan Supratman, lalu memutari lapangan tersebut.

Sementara itu, pengendara dari arah Jalan Jakarta menuju arah Gedung Sate memiliki dua alternatif. Opsi pertama, pengendara juga harus memutari Lapangan Supratman, masuk melalui jalan di depan SMPN 14 Bandung dan keluar dari arah SDN Ciujung. Alternatif kedua, pengendara terutama bis, bisa tetap lurus melalui Jalan Supratman (tidak memutari Lapangan Supratman). Jika yang digunakan adalah alternatif pertama, jalur antara belokan jalur SMPN 14 Bandung dan SDN Ciujung tersebut akan dijadikan tempat parkir untuk Lapangan Supratman.

"Dampaknya ke parkir. Kita coba kalau sore atau malam kondisi lapangan Ciujung pastinya cukup sepi. Kegiatan cuma sekolah baik SMP 14 maupun SD Ciujung. Kita akan coba parkir mobil atau motor berdampingan dengan lapangan yang ada (Lapangan Supratman)," jelas Agung.

Perubahan jalur ini juga akan memengaruhi jalur angkutan kota (angkot). Ditutupnya median jalan akan mengubah rute angkot yang melintasi wilayah tersebut, seperti jurusan Abdul Muis via Aceh. Angkot tersebut juga harus berputar melewati Jalan Anggrek.

Pengendara dari arah Ciujung yang akan belok kanan ke arah Cicadas bisa langsung menyeberang di Jalan Supratman. Untuk mengantisipasi adanya kemacetan yang timbul dari pertemuan jalur dari arah Gasibu (Gedung Sate) dan arah Ciujung, rencananya lampu lalu lintas (traffic light) yang berada di persimpangan menuju Jalan Katamso akan dipindahkan ke persimpangan Ciujung. Sementara itu, tidak ada perubahan apapun di wilayah bundaran menuju Jalan Katamso.

Posting Komentar

0 Komentar