Peningkatan Mutu dan Pelayanan Diperlukan Dalam Akreditasi RSKIA

Bandung, BL - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Achyani Raksanagara, beserta Direktur Utama RSKIA Kota Bandung, Nina Manarosana menerima tim penilai akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang diketuai dr Isnooy Djati, M.Sc di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung, Jalan Astana Anyar, Bandung, Kamis (19/5/2016).


Isnooy Djati mengatakan penilaian akreditasi tersebut bertujuan akhir dalam upaya untuk meningkatkan mutu dan pelayanan rumah sakit. Akreditasi tersebut dilakukan di seluruh rumah sakit se Indonesia.


Sementara itu, Oded M Danial mewakili pemerintah Kota Bandung sebagai pemilik RSKIA mengatakan kedatangan tim akreditasi maksudnya lebih ingin meyakinkan perkembangan pembangunan di RSKIA.


"Kedatangan tim akreditasi itu ingin meyakinkan bagaimana eksisting yang berkembang di RSKIA ini, tentu mereka tidak mau melihat dari sisi direksi tapi juga, mereka ingin melihat kita sebagai pemilik," ujar Oded.


Oded menuturkan, surveyor lebih ingin mengetahui seberapa jauh dukungan dari pemilik untuk perkembangan RSKIA.


"Mereka juga ingin tahu, bagaimana dukungan dari owner di RSKIA ini, kami juga mendukung penuh karena yang namanya RSKIA bagian dari konsep pembangunan sosial," ujarnya.


Oded pun menilai dari sisi perkembangan RSKIA ini dari sisi sarana prasarananya sudah mengalami perkembangan signifikan.


"Perubahannya sudah luar biasa, kalaupun ada keluhan dari masyarakat saya kira harus bersikap objektif juga, kita terus berupaya memperbaiki kekurangan tersebut ," ujarnya.


Lanjut Oded, bentuk dukungan penuh tersebut dapat dilihat dari besarnya anggaran dana untuk RSKIA yang tercermin dari dukungan fasilitas yang berkualitas dan komprehensif.


"Kita buktikan disamping terus memberikan dukungan fasilitas yang berkualitas dan komprehensif, kita siapkan juga lokasi untuk RSKIA baru yang nantinya akan dibangun," ucapnya.


Sementara itu, Nina Manarosana mengatakan terkait rencana pembangunan RSKIA yang baru saat ini masih dalam proses desain.


"Lahan 7343 meter sudah selesai, sekarang tinggal gambar grand desain fisik, menunggu persetujuan walikota, DED baru Amdal, setelah itu tinggal nunggu nota kesepahaman," ujarnya.


Akreditasi tersebut implementasi aturan Departemen Kesehatan (Depkes) RI yang menerapkan standar pelayanan bagi rumah sakit berstandar internasional.

Posting Komentar

0 Komentar